Muqoddimah
(3)
قال القاضي أبو شجاع أحمد بن الحسين بن أحمد الأصفهاني رحمه الله تعالى سألني بعض الأصدقاء حفظهم الله تعالى أن أعمل مختصرا في الفقه على مذهب الإمام الشافعي رحمة الله عليه ورضوانه في غاية الاختصار ونهاية الإيجاز ليقرب على المتعلم درسه ويسهل على المبتدئ حفظه وأن أكثر فيه من التقسيمات وحصر الخصال فأجبته إلى ذلك طالبا للثواب راغبا إلى الله تعالى في التوفيق للصواب إنه على ما يشاء قدير وبعباده لطيف خبير
"Berkata Alqodhi Abu Syuja' Ahmad
bin husain bin Ahmad Al-ashfihany; Sebagian Teman-teman dekat memintaku untuk
membuat mukhtashor (kitab yang ringkas) tentang ilmu fiqh yang mengikuti
madzhabnya Imam Syafi'i dengan sangat ringkas supaya mudah untuk dipelajari
oleh pelajar dan mudah untuk dihafal oleh pemula. Dan mereka memintaku juga untuk
memperbanyak pembagian-pembagian hukum dn menjelaskan jumlah bilangannya. Maka,
aku penuhi permintaannya dengan tujuan untuk mencari pahala dari Allah dan
berharap kepada-Nya semoga sesuai dengan kebenaran. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa
atas segala sesuatu yang dikehendaki-Nya dan Maha Pengasih dan Mengetahui kepada
hamba-hamba-Nya.”
Keterangan;
~ Biografi singkat Pengarang kitab Taqrib (Syekh Alqodhi Abu syuja' Ahmad bin husain bin ahmad al-ashfihany);
Beliau adalah seorang qodhi yang ahli
ibadah. Terkenal keilmuan dn ketaatannya dalam agama. Di masa jabatannya itu,
beliau selalu menyisihkan hartanya kepada orang-orang yang membutuhkan dan kepada
para ulama. Harta tersebut dibagikan melalui 10 pembantunya. Masing-masing dari
mereka dipasrahi untuk membagikan 120.000 dinar. Akan tetapi dikemudian hari
beliau berprilaku zuhud, meninggalkan kemewahan dunia dan menetap di Madinah.
Di Madinah, beliau mengabdikan dirinya
untuk berkhidmah di masjid nabawi; menyapu, menyalakan lampu masjid dn
membersihkan hujroh makam nabi. Pengabdian itu beliau lakukan sampai akhir
hayatnya. Usia beliau cukup panjang; 160 tahun. Dalam usia itu, anggota tubuh
beliau tidak ada satupun yang mengalami kekurangan/kecacatan. Pernah ada
seseorang yang bertanya kepada beliau tetang rahasianya. Jawab beliau;
حفظناها في الصغر فحفظ الله في الكبر
"Aku
menjaga anggota-anggota tubuhku (dari maksiat) sejak kecil. Sehingga Allah
menjaganya di usia tua”
Beliau wafat pada tahun 488 H. dan
dimakamkan di masjid yang beliau bangun, dekat dengan hujroh makamnya Nabi
Muhammad SAW.
~ Dalam muqoddimah kitabnya, beliau
menjelaskan kronologi penyusunan kitab taqrib ini. Yakni atas permintaan
sebagian teman-teman dekatnya untuk menyusun sebuah kitab mukhtashor
atau kitab simple dan ringkas yang membahas ilmu fiqh yang mengikuti
madzhabnya Imam Syafi'i.
~ Imam Syafi'i memiliki nama asli
Muhammad bin Idris bin Abbas bin Usman bin Syafi' bin Saib bin Ubaid bin Abdu Yazid
bin Hasyim bin Abdul Muttholib bin Abdu Manaf. Nasabnya beliau bertemu dengan
Nabi Muhammad pada Abdu Manaf.
~ Imam Syafi'i lahir pada tahun 150 H. di
kota Ghaza. Dalam usia 2 tahun beliau dibawa ibunya ke kota Mekkah. Beliau
tinggal disana hingga bisa hafal Alqur'an pada usia 7 tahun. Saat usia 10 tahun,
beliau telah hafal kitab Muwattho', yaitu kitab hadis karya Imam Malik. Beliau
juga belajar ilmu fiqh kepada mufti Mekkah; Imam Muslim bin Kholid Azzanji.
Pada usia 15 tahun, beliau sudah dikasih
mandat oleh gurunya untuk memberikan fatwa. Meskipun beliau seorang anak yatim
dan kehidupannya serba kekurangan, namun beliau tetap semangat dalam menimba
ilmu kepada para ulama, termasuk kepada Imam Malik.
~ Diantara keistimewaannya Imam Syafi'i
adalah beliau membagi malamnya menjadi tiga bagian. Sepertiga malam untuk ilmu,
sepertiga malam untuk sholat dan sepertiga lagi untuk tidur. Beliau mengkhatamkan
Qur'an setiap hari sekali. Pada bulan Romadhon beliau mengkhatamkannya sampai
60 kali dalam sholat. Dan selama 16 tahun beliau tidak pernah makan sampai
kenyang.
~ Beliau wafat pada akhir bulan Rojab tahun
204 H. dan dimakamkan di Qurofah, Mesir.
~ Diantara tujuan penyusunan kitab taqrib
ini dalam bentuk mukhtashor adalah untuk memudahkan para pelajar dalam
mempelajarinya dan untuk memudahkan para pemula dalam menghafalnya.
~ Fiqh itu sendiri adalah ilmu tentang
menjalankan hukum-hukum syari'at yang pengambilannya dari dalil-dalil yang tafshil
(terperinci) atau dari hasil ijtihad.
~ Alasan mendasar, mengapa kita harus
belajar (mengaji) ilmu fiqh adalah supaya ibadah kita sah dan diterima oleh
Allah SWT. Imam Ibnu Ruslan berkata dalam nadzomnya;
وكل من بغير علم يعمل * أعماله مردودة لاتقبل
"Setiap
orang yang beramal tanpa didasari ilmu, amal-amalnya akan tertolak, tidak akan
diterima".
Wallahu a'lam....
*Muhammad Shidqul
Amin (Alumni PP. An Nur, aktif sebagai guru dan pengusaha muda)
Post a Comment