Ads (728x90)

Technology

Lifestyle

Sports

Gallery

Random Posts

Business

Popular Posts

About US

Advertisements

Kajian Surah Yasin
(Bagian ke-5)
 وسواء عليهم ءأنذرتهم أم لم تنذر هم لا يؤمنون (١٠)
"Dan sama saja bagi mereka, apakah engkau memberi peringatan kpd mereka atau engkau tdk memberi peringatan kpd mereka, mereka tdk akan beriman juga"
..........
Ayat ini adalah sebagai natijah atau kesimpulan dr ayat sebelumnya. Bahwa pd dasarnya mereka telah ditetapkan di lauhil mahfudz sbg org2 kafir, meskipun diberi peringatan oleh Nabi atau tdk diberi peringatan. Sedang adanya sebuah peringatan yg ditujukan kpd mereka itu hanya sebagai penguat hujjah thp keingkaran mereka, bukan unt mencari keimanan mereka.
إنما تنذر من اتبع الذكر و خشي الرحمن بالغيب. فبشره بمغفرة وأجر كريم (١١)

Sesungguhnya engkau hanya memberi peringatan kpd orang2 yg mau mengikuti peringatan dan yg takut kpd Tuhan Yang Maha Pengasih, walaupun mereka tdk melihat-Nya. Maka berilah mereka kabar gembira dg ampunan dan pahala yg mulia".
Yg dimaksud adzdzikr dlm ayat ini adlh Alqur'an. Karena diantara tujuan diturunkannya Alqur'an adlh sbg peringatan. Kata "bilghoib" secara struktur bahasa berkedudukan sbg "hal". Bisa "hal" dr Fail (pelakunya) dan bz jg dr maf'ul bihnya (Allah). Dengan demikian makna yg terkandung dr ayat diatas adalah; Wahai Muhammad, peringatanmu itu hanya berlaku dan bermanfaat untuk org2 yg mengikuti Alqur'an dan takut kepada Allah disaat ia ghaib (samar/tersembunyi) dr makhluk atau takut kepada Allah meskipun ia tdk melihatnya dan/atau takut akan siksa-Nya yg ghaib (samar/tdk nampak) yg telah diberitakan oleh Alqur'an. Barang siapa memiliki sifat2 tsb maka berikanlah kabar gembira kepadanya bahwa ia akan diampuni dosa2nya dan akan mendapatkan pahala yg besar serta akan masuk surga.
...........
Wallahu a'lam.
.
.
Referensi:
1. Tafsir Jalalain
2. Tafsir Showi
3. Tafsir Ibnu Katsir
4. Tafsir Hamamy
5. Terjemah Alqur'an.
.
.
Pekalongan, 13 Maret 2017
#kajianrutin #ngaji #tafsiryasin #iasa #pondokannurngrukem #annur #ngrukem #pondok #bantul #pendowoharjo #sewon #yogyakarta

Post a Comment